Kamis, 07 Januari 2016

TIGA CARA SEDERHANA MENGETAHUI SESEORANG DINYATAKAN MENINGGAL

Kematian bagi sebagian orang bisa saja sangat menakutkan. Namun siap atau tidak, suka atau tidak, yang namanya kematian pasti akan datang menjemput setiap makhluk yang bernyawa. Tidak ada manusia satu pun yang bisa menahan takdir terlebih soal urusan Kematian, Hanya tuhan yang berhak memutuskan manusia hidup atau mati.

Saat seseorang mengalami sakaratul maut tentu cukup menyayat hati, sebab sakitnya luar biasa terlebih jika kejadian itu terjadi berjam-jam bahkan berhari-hari tentu sangat kasihan sekali bagi orang yang menderita.

Bagi sebagian orang untuk mengetahui seseorang masih bernyawa atau tidak memang banyak yang kesulitan, minimnya pengalaman dan informasi menjadi alasan terlebih bagi mereka yang tinggal jauh dari pusat kesehatan semacam klinik dan puskesmas.

Namun jangan khawatir kali ini saya ingin memberikan cara untuk mengetahui dan menentukan orang yang benar-benar sudah meninggal atau masih hidup dengan cara sederhana, bagaimana prosesnya berikut ulasannya :

1.Melihat Reflex Kedip Mata.

Ambil sedikit kapas kering, buka secara perlahan kelopak mata orang tersebut secara bergantian. Pertama yang kanan dulu (walaupun sebenarnya urutannya bebas), kemudian usapkan kapas tersebut secara perlahan-lahan pada bola mata orang yang dituju. Jika tidak ada reflex kedipan lagi, bisa dipastikan orang tersebut sudah meninggal dipanggil sang maha kuasa.

Setelah itu kemudian Ulangi pada mata satunya Biasanya pada orang yang masih hidup, ada sesuatu disekitar bola mata pasti akan timbul reflex berkedip meskipun Cuma debu sekalipun.

2.Melihat Perubahan Pupil Bola Mata.

Caranya yaitu Ambil lampu senter yang tidak terlalu besar, kemudian buka kelopak mata orang tersebut secara perlahan, hidup kan lampu senter dan arahkan ke salah satu bola mata dari kanan ke kiri secara perlahan, lihat lingkaran paling kecil di tengah bola mata yang berwarrna hitam, apakah bentuknya dan ukuran nya tetap segitu saja atau ada pembesaran atau pengecilan, Jika ukuran nya tetap atau tidak mengecil, bisa dipastikan sudah meninggal namun sebaliknya jika ukurannya berubah dipastikan masih bernyawa.

Untuk diketahui bahwa ukuran normal bulatan tengah bagian mata adalah antara 2-3 mm dan ketika di beri cahaya akan mengecil, jika orang tersebut sudah meninggal biasanya ukurannya lebih membesar dan ketika disenterkan cahaya maka ukurannya tidak akan mengecil artinya tidak berubah.

3. Meraba Vena Jugularis.

Vena ini terletak pada leher, anda bisa mencoba Melakukannya dengan meraba pada atas leher kemudian arahkan tiga jari tangan sampai ke posisi tengah leher, gerakkan ketiga jari tangan anda ke kanan leher, lanjut raba pada bagian tersebut apakah masih terasa denyutan atau tidak.

Sebenarnya semua cara ini tidak mutlak dan tidak bisa menjadi panutan namun langkah ini sangat membantu sekali jika anda dalam kondisi urgent yang sulit akomodasi serta jauh dari akses kesehatan, atau jauh pula dari orang-orang yang berprofesi sebagai dokter.

Semoga Bermanfaat.

2 komentar:

  1. Terima kasih informasinya dok, sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaiamana responn kalau tau pasien meninggal

      Hapus