Jumat, 01 Januari 2016

DIBALIK KENIKMATAN DISITU MEMATIKAN

Minuman energi di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia saat ini tumbuh sangat pesat dan digemari banyak orang. Hal ini terjadi karena kesegaran, kenikmatan dan diyakini karena manfaatnya. Minuman berenergi dengan berbagai merk seperti Kuku Bumi, Ekstra Jazz dan berbagai macam merk lainnya menjadi daya pikat dikalangan masyarakat.

Secara ilmiah sampai sejauh ini manfaat terapinya belum terbukti. Dibalik kenikmatan tersebut ternyata menyimpan bahaya besar. Bahkan dalam penelitian terakhir yang diungkapkan dalam jurnal kesehatan Pediatric mengungkapkan pada anak, remaja dan dewasa muda yang mengkonsumsi minuman energi secara berlebihan dapat memicu jantung berdebar, kejang, stroke bahkan tak sedikit kejadian meninggal secara mendadak.

Fakta hasil riset ilmiah tersebut bahkan dibenarkan kalangan medis bahwa akibat dari seringnya mengkonsumsi minuman energi akan berdampak pada kematian yang diawali dengan bamyak hal, salah satunya adalah bocornya fungsi lambung. Dari beberapa fakta medis tak sedikit masyarakat yang hobi mengkonsumsi secara berlebihan minuman suplemen energi itu tewas sia-sia.

Di balik kenikmatan dan kesegaran tersebut ternyata menyimpan dampak bahaya kesehatan bagi usia tersebut, padahal selama ini manfaat kesehatannya belum menjanjikan.

Menurut pengalaman saya pribadi saat menangani pasien yang terdampak akibat sering mengkonsumsi minuman energi tersebut nyatanya tidak melihat usia, tua muda sama saja minuman tersebut cukup menyiksa, bagaimana tidak mereka mengalami pendarahan lambung, BAB Hitam bahkan muntah darah, sehingga masyarakat diminta untuk mengurangi bahkan harus meninggalkan minuman berenergi itu.

Minuman energi diketahui adalah minuman yang umumnya mengandung kafein, taurin, Vitamin, gula maupun pemanis buatan yang kemudian menjanjikan kenikmatan energi, performa stamina serta konsentrasi, tetapi dibalik nikmatnya minuman tersebut ternyata akan berdampak kepada kesehatan tubuh yang berakhir mematikan jika di konsumsi secara berlebihan.

Selain efek bahaya yang ditimbulkan oleh komposisi minuman berenergi tersebut, bahaya lain yang juga muncul jika dikonsumsi tanpa batas akan menyerang terhadap melemahnya konsentrasi, dehidrasi, insomnia dan serangan jantung hingga insiden keguguran.

Untuk itu Setelah mengetahui efek dari bahaya minuman berenergi itu, sebaiknya masyarakat bisa mengurangi bahkan tinggalkan jauh-jauh minuman tersebut agar terhindar dari kenikmatan yang mematikan, Karena masih banyak minum lain yang lebih nikmat, lebih sehat, lebih segar dan lebih mantap yang mampu menambah stamina tubuh, salah satu diantaranya adalah air kelapa muda, kenapa air kelapa muda ? karena cairan ini memiliki kandungan elektrolit yang bisa menggantikan cairan tubuh saat kondisi tubuh lelah.

Setelah mengetahui bahaya di atas apakah masih nekat mengkonsumsi minuman berenergi ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar