Jumat, 11 September 2015

Cara Pembuatan Sabun Cuci Piring Cair Aman dan Sederhana - HOME MADE -


Hai Guys… Ingin nge share salah satu pengalaman Bisnis aku waktu zaman kuliah dulu.. Aku adalah salah satu mahasiswa yg kemungkinan salah jurusan, seharusnya aku ambil bagian bisnis bukan Kedokteran.

Waktu masuk tahun Pertama koas sekitar tahun 2012, aku masuk stase Penyakit dalam. Sepulang koass, capek penat lemah letih lesu, Iseng iseng adek aku yg notaben nya adalah jurusan kimia fisika, sharing sharing soal percobaan di Lab yg baru saja dikerjakannya di kampus. Ternyata dia baru saja membuat praktek tentang sabun cuci piring cair. Nah, muncul Lah jiwa bisnis ku. Kenapa tidak kita bisnis kan saja? Dan aku Tanya apakah itu aman?? Insya Allah aman kak.. Okee siipp sore ini aku langsung gerak..



Apa yg pertama kali terbesit dalam diri ku? Persiapannya adalah:

1.      Menyiapakan wadah / botol tempat sabun
Karena saat itu uda sore hari jadi aku ga mungkin pergi membeli bahan pembuatan sabun nya ke toko alat dan bahan kimia, karena dipastikan yg empunya toko uda tutup. Aku datang ke rumah pengummpul plastic dan botol bekas. Jadi disana aku menemukan botol plastic bekas dalam keadaan tidak terlalu kotor. Saat itu aku beli per kg nya sekitar Rp 10.000, -. Atau sekitar Rp 110,- per botol nya dengan ukuran botol antara 330 ml s/d 350 ml. Aku beli sampai berpuluh botol. Sampai rumah aku cuci bersih pakai sabun, sikat, kemudian rendam beberapa lama, kemudian sikat lagi sampai bersih, keringkan.
Akhirnya hari pertama pengerjaan ku berhasil mengumpulkan puluhan botol yg ku sulap menjadi bersih

2.      Mempersiapkan Bahan Pembuatan Sabun
Teman-teman gak perlu repot untuk bahan-bahan ini, karena bahan-bahan ini sangat mudah di dapat di toko alat dan bahan kimia yang Akan dijual dalam bentuk paketan sekaligus.
Bahan:
a.       1 kg Texafom
b.      50 gr EDTA
c.       100 gr NaCl
d.      Camperlan
e.       Foam booster secukupnya
f.       Fisatif secukupnya
g.      20 cc Parfum wangi strawberry / Lemon / parfum yg diinginkan atau secukupna
h.      5 gr pewarna makanan warna merah / hijau / yg diinginkan atau secukupnya
i.        2 liter Air bersih atau secukupnya

Texapon ini bentuknya jel yang berfungsi sebagai pengangkat kotoran. Natrium Clorida (NaCl) bentuknya serbuk yang berfungsi mempercepat pengangkatan kotoran dan juga sebagai pengental. Camperlan ini bentuknya cairan kental yang berfungsi sebagai pengental dan penambah busa menjadi gelembung-gelembung kecil. Asam sitrit bentuknya serbuk yang berfungsi sebagai pengangkat lemak. EDTA ini bentuknya serbuk berfungsi sebagai pengawet sabun cair. Parfum ini bentuknya cair fungsinya sebagai pewangi sabun cair. Fisatif ini bentuknya cair fungsinya sebagai pengikat parfum. Pewarna ini bentukya serbuk fungsinya sebagai pemberi warna pada sabun cair.

Semua takaran di atas bukan takaran pasti karena beda toko kimia akan beda pula paketan yang di jual. Jadi ikutin saja alur pembuatan nya dan sesuaikan dengan takaran masing-masing. Jadi jangan pusing jika ada perbedaan nama atau bahan dari tiap paketan pembuatan sabun cuci piring di tiap toko kimia. Sebelum  membeli ada baiknya Tanya kepada si penjual toko nama-nama tiap bahan serta penggunaannya.
  
   3. Alat Membuat Sabun Cuci Piring
a.       Baskom ukuran besar
b.      Pengaduk panjan dan besar
c.       Sendok
d.      Gayung
e.       Mangkok
f.       Botol kemasan

4       Proses Pembuatan Sabun Cuci Piring
a.       Siapkan alat dan bahan sesuai dengan resep.
b.      Langkah selanjutnya adalah ambil separoh air yg sudah di sediakan kemudian masukkan kedalam baskom besar, campur 1 kg texafom dengan 50 gr EDTA. Aduk rata hingga larutan berwarna putih dan tidak ada gumpalan
c.       Kemudian campurkan sedikit demi sedikit 100 gr NaCl sambil aduk hingga mengental dan tidak ada gumpalan. Usahakan adukan tidak berhenti
d.      Tambahkan sisa air yg tersisa secara perlahan sesuai kebutuhan, jika ingin sedikit cair berarti porsi air yg ditambah harus lebih banyak
e.       masukkan camperlan aduk rata
f.       pewarna secukupnya aduk rata
g.      parfum secukupnya

Aduk semua bahan sampai benar-benar tidak ada gumpalan. Kekentalan tergantung dari air yg ditambahkan, wangi tergantung jumlah pewangi yg dicampurkan, dan pewarna tergantung teman-teman ingin warna apa.

Pengerjaannya sangat simple sekali. Tapi karena aku harus Coass jadi aku Cuma bisa mengerjakan dan menjualnya selama 2 hari. Setelah sabun pencuci nya jadi, baru aku masukkan kedalam botol yg sudah ku cuci bersih. Pemilihan warna ku kemarin adalah warna hijau. Jadi aku mendapatkan sekitar hamper 80 botol. Sekitar 20 botol aku kirim ke teman ku yg di Siantar karena mama nya jualan di kedai. Aku menjual sekitar harga Rp 5000,-. Modal ku saat itu sekitar Rp 1.350,- per botol. Aku mendapatkan untung hampir Rp 300.000,-

Satu hari sabun cuci piring cair yg ku jual ludes di beli oleh dokter dokter, perawat dan dokter dokter muda, serta dokter specialis di Rumah sakit tempatku kerja.
Ini adalah bisnis rumahan, jadi jika ingin mendapatkan untung lebih berarti harus memiliki kualitas yg lebih pula.

Baiklah teman-teman, sampai disinilah cerita pengalaman bisnis ku saat coass dulu, semoga bisa bermmanfaat untuk teman-teman semuanya.



Good Luck

9 komentar:

  1. Hai Guys jangan Lupa Like . komentar dan share ya.. semoga Bermanfaat.. Thank you..

    BalasHapus
  2. maaf tanya dok...kalau sesuai formula yg dokter tulis, penggunaan air aquadesnya berapa liter?
    1xformula jadi berapa liter sabun? terima kasih ^.^

    BalasHapus
  3. Wahh.. Terimakasih banget nih. Cukup jelas. Boleh juga lah nanti kita coba kerjasama ya.

    BalasHapus
  4. Jual sabun cair . Harga Murah....banyak busa. . Hub. 081375847413

    BalasHapus
  5. bahan2 di atas utk berapa liter larutan jadi?

    BalasHapus
  6. Mba saya buat sabun cuci piring tapi encer bisanya banyak yang saya pertanyakan apabila saya tambah lagi texafonnya bisa mba?terimakasih....

    BalasHapus
  7. Sma persis sperti sy,,kbtln sy jg nyoba experimen,,tp hasily kurang memuaskan,sprtiny busanya dikit bgt,ga sprt sunlight pda umumy,klo sy tambhkan texapon lagi apkh ad pngaruhny di tangan jdi kasar atw panas ga ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Camperlan nya fi tambah lagi kl pingin busanya banyak..

      Hapus